Variabel dalam Bahasa C++

 Pengertian Variabel di Bahasa C++



Variabel adalah penanda identitas yang digunakan untuk menampung suatu nilai. Variabel merujuk ke sebuah alamat di memori komputer (RAM). Ketika kita sebuah variabel, satu 'slot' memori akan disiapkan untuk menampung nilai tersebut. Jadi setiap variabel memiliki nama yang dipakai sebagai identitas variabel.

Sesuai dengan namanya, isi variabel bisa diubah selama programing. Contohnya, jika kita membuat program menghitung luas persegi panjang, maka kita menyiapkan variabel panjang dan lebar yang diisi angka 8 dan 5. Kedepannya isi variabel panjang dan lebar ini bisa ditukar dengan angka 12 dan 7, atau angka lain.

Variabel biasanya juga digunakan untuk menampung nilai inputan, misalnya jika kita ingin nilai panjang dan lebar itu diisi oleh user (pengguna aplikasi).

Aturan Penamaan Variabel dalam Bahasa C++

  • Variabel bisa terdiri dari huruf, angka dan karakter underscore/garis bawah "_".
  • Karakter pertama dari variabel hanya boleh berupa huruf dan underscore "_", tidak bida berupa angka. Meskipun dibolehkan, sebaiknya tidak menggunakan karakter itu sebagai awal dari variabel karena bisa bentrok dengan beberapa variabel settingan program.
  • Variabel harus selain dari keyword. Sebagai contoh, kita tidak bida memakaia kata int sebagai nama variabel, karena int  merupakan keyword untuk menandakan tipe data integer.
  • Beberapa compiler bahasa C++ ada yang membatasi panjang variabel maksimal 31 karakter. Agar lebih aman, sebaiknya tidak menulis nama variabel lebih dari 31 karakter.

Cara Penulisan Variabel di dalam bahasa C++

Dalam menulis variabel, hampir semua bahasa pemrograman terdapat 2 langkah:  deklarasi dan inisialisasi.

Deklrarasi adalah proses untuk memberitahu compiler   C++ bahwa kita akan membuat sebuah variabel. Bahada C++ termasuk bahasa pemrogramana uang menggunakan konsep strongly typed programming language, yang artinya untuk setiap variabel harus ditulis akan diisi tipe variabel apa. Apakah angka bulat (integer), angka pecahan (float/double), huruf (char), atau yang lain.

 Tipe bahasa yang sering digunakan di C++ sudah pernah mimin bahas di Data dan Tipe Data. Berikut sedikit contohnya:

  • Tipe Data Integer, yakni tipe data angka bulat seperti 1, 4, 7, 10, dll. Tipe data ini ditulis dengan keyword int.
  • Tipe Data Riil atau Float, yakni tipe data angka pecahan seperti 1.30, 2.5, 1.99, dll. Tipe data ini ditulis dengan keyword float.
  • Tipe Data Character, yakni tipe data huruf seperti 'A', 'b', 'C', dll. Tipe data ini biasa ditulis dengan keyword char.
  • Tipe Data String, yakni tipe data untuk menampung kumpulan karakter, seperti "Belajar", "DuniaHewan", "Aku anak TI", dsb. Tipe data string biasa ditulis dengan keyword string.

Itulah beberapa penjelasan dari variabel. Tentu dalam sebuah program, variabel sangat penting keberadaannya sehingga kita perlu memahami variabel-variabel yang akan digunakan. Sekian penjelasan dari mimin untuk sobat JagPro sekalian, Terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Universitas Dian Nuswantoro

Pengertian Algoritma Pemrograman, Fungsi serta Contohnya

Percabangan Kondisi di C++