Data dan Tipe Data

 

Apa itu Data dan Tipe Data?


Halo sobat Jagpro, kali ini kita akan bahas apa itu Data dan Tipe Data. Ketika kita sedang mempelajari sesuatu, tentu harus paham konsep dasarnya terlebih dahulu mulai dari yang terkecil. Contohnya, jika kamu tertarik untuk mempelajari makhluk hidup, kamu harus mempelajari tentang sel dan anatominya. Begitupun ketika kamu sedang mempelajari cara pengolahan data atau bahasa pemrograman. Kamu perlu paham akan pengertian dari data terlebih dahulu.

Kenapa begitu? Karena data adalah konsep terkecil di dalam ilmu komputer. Dengan memahami data, kita akan lebih mudah dalam memahami cara kerja pemrograman secara mendasar.

Pengertian

Data adalah informasi yang disimpan dan di proses didalam komputer. Biasanya data itu masih berbentuk acak serta variatif.

Kemudian ketika data itu melalui tahapan proses maka akan didapatkan informasi. Singkatnya, data adalah mentahannya dan informasi adalah bentuk matangnya.

Meskipun begitu, bentuk dasar dari data itu sama, yaitu angka 0 dan 1 alias bilangan biner.

Lalu apa fungsi dari data tersebut? Jawabannya adalah tergantung penggunaan,  karena itu bisa dibilang data memiliki manfaat dan fungsi yang tak terbatas.

Oleh karena itu maka munculah tipe data. Tipe data adalah data yang di klasifikasikan berdasarkan jenisnya. Misalnya Integer, Char, dll.

Tipe data yang sering digunakan

Boolean

Tipe data Boolean merupakan tipe data yang memiliki dua nilai yaitu benar (true) atau salah (false). Nilai yang digunakan pada tipe ini sangat penting dalam mengambil keputusan suatu kondisi tertentu.

Character

Tipe data character atau biasa disingkat char merupakan suatu tipe data yang memungkinkan kita untuk memesan memori berformat text (huruf, angka, dan simbol) dengan karakter tunggal. Dibutuhkan 1 byte atau 8 bit ruang di dalam memori agar dapat menyimpan sebuah karakter.


String

Tipe data string ini terdiri dari kumpulan karakter dengan panjang tertentu, dan seringkali dianggap sebagai tipe data dasar. Hal ini disebabkan karena tipe data ini sangat sering digunakan oleh para programmer.


Integer

Jenis tipe data ini dapat didefinisikan sebagai bilangan bulat. Artinya, suatu program yang menggunakan tipe data iinteger ini tidak mendukukng penggunaan huruf dan desimal.


Floating Point

Tipe data ini merupakan tipe data angka yang memiliki bagian decimal di akhir angka. Tipe data float cocok digunakan untuk variabel yang akan berisi angka pecahan atau desimal.


Double Floating Point

Sama halnya dengan floating point, yang bersifat menyatakan bilangan pecahan. Bedanya adalah penyimpangan angka maksimal lebih besar dari pada float, otomatis double juga akan membutuhkan memori yang lebih besar.

Itulah pengertian serta beberapa jenis dari tipe data. Beberapa tipe data tersebut dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan programmer dan menjadikan penggunaan memori yang lebih efisien. Sekian penjelasan dari mimin, semoga dapat membantu sobat JagPro sekalian, Terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Universitas Dian Nuswantoro

Pengertian Algoritma Pemrograman, Fungsi serta Contohnya

Percabangan Kondisi di C++