Apa Itu Programming? Berikut penjelasannya.

Programming

Halo sobat Jagpro, apa yang terlintas di benak kalian ketika mendengar kata "programming"? Komputer dan Koding? masih belum tepat nih. Oke deh, yuk kita belajar dari dasarnya dulu. Programming yaitu Program.

Program adalah suatu urutan logika dengan input dan output tertentu. Program juga dapat berupa kumpulan perintah agar komputer dapat berfungsi secara optimal sesuai dengan apa yang diinginkan. Program yang diseatukan dengan sistem disebut aplikasi, seperti aplikasi web dan android.

 Apa itu Programming?

Dalam membuat program disebuah komputer tentu melalui proses, proses itulah yang di sebut programming. Produk dari programming sendiri bermacam-macam, bisa berupa software, website, aplikasi, dsb.

Dari manakah kita harus memulai terlebih dahulu? Tentu terdapat beberapa tahapan dalam membuat program. Mulai dari tulis menulis, menguji, merevisi, dan mengevaluasi, serta menguji sampai perogram tersebut benar-benar jadi dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Jadi, Programming adala suatu proses atau kegiatan menulis dan menguji suatu kode (pemrograman) agar program tersebut dapat dibuat, dan hasilnya sesuai dengan apa yang diinginkan.

Seorang programmer menulis program dengan bahasa-bahasa yang dimengerti oleh komputer, oleh sebab itu maka seorang programmer harus menguasai bahasa yang akan digunakannya tersebut.


Bahasa Pemrograman Untuk Programming

Ada banyak bahasa pemrograman yang bisa digunakan tergantung dengan fungsinya masing-masing.

Java

Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek (OOP) dan tersusun dari beberapa kelas.

Python

Bahasa ini merupakan bahasa tingkat tinggi, mulai populer karena banyak digunakan untuk kecerdasan buatan atau AI.

C++

C++ adalah bahasa pemrograman yang memiliki sifat beroriantasi objek, sama halnya dengan Java. Bahasa yang satu ini menjadi bahasa tercepat ketika dijalankan oleh mesin. Merupakan pengembangan dari Bahasa C.

JavaScript

Merupakan bahasa pemrograman scripting yang digunakan untuk membuat situs web agar lebih interaktif. Bahasa satu ini banyak digunakan oleh developer web.

Itulah beberapa bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh programmmer dalam membuat suatu program. Masih banyak bahasa pemrograman yang belum disebutkan yang tentunya digunakan sesuai dengan kebutuhan.


Kunci Utama Bisa Programming

Berikut adalah kunci utama agar dapat mahir dalam mempelajari programming.

Berpikir Kritis

Kamu dituntut harus berpikir kritis karena programmer diituntut harus bisa memecahkan masalah dan mendapatkan solusi dari permasalahan yang ada.

Berlogika

Selain berpikir kritis juga harus diimbangi dengan logika agar senada dengan bahasa pemrograman.


Kesimpulan

Semoga dengan penjelasan diatas dapat membantu sobat JagPro lebih dalam mengenal apa itu programming. Dimana ada niat yang kuat maka akan cepat kita dalam memahami suatu keadaan. Terimakasih. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Universitas Dian Nuswantoro

Pengertian Algoritma Pemrograman, Fungsi serta Contohnya

Percabangan Kondisi di C++